Rabu, 16 November 2016

Outing Class SMA Negeri 3 Boyolali

Hai kawan, kali ini saya akan berbagi tentang Outing Class SMA Negeri 3 Boyolali.

Pada tanggal 15 Desember 2015 siswa-siswi SMA N 3 Boyolali khususnya siswa-siswi kelas X (sepuluh) melaksanakan kegiatan Outing Class. Sasaran kegiatan ini ada 2 tempat, yaitu Museum Purbakala Sangiran dan Keraton Kasunanan Surakarta. Di Museum Purbakala Sangiran kelas X dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu X-1 di Museum Induk; X-2, X-3, dan X-4 di Cluster I; X-5, dan X-6 di Cluster II; X-7, dan X-8 di Cluster III; dan X-9 di Cluster IV. Di sana siswa-siswi kelas X akan menanam pohon yang telah disiapkan sekolah di masing-masing Cluster yang dibagi, hal ini berkaitan dengan program Adiwiyata sekolah. Penanaman dilakukan perkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Setiap kelompok diwajibkan membawa peralatan yang akan dipakai untuk menanam pohon.

Setelah menanam pohon para siswa diajak ke museum untuk melihat peradaban manusia purba. Tempat pertama yang dikunjungi adalah Display Area 1: "Kekayaan Sangiran". Display tersebut menayangkan ilustrasi kehidupan manusia purba dulu yang terlihat nyata karena kecanggihan teknologi. Dari teori migrasi manusia purba sampai benda-benda dan fosil-fosil peninggalan zaman purba. Selain itu, juga perbedaan manusia Pithecantropus sampai manusia Homo. Selanjutnya, para siswa diajak ke Display Area 2: "Steps of Humanity". Di ruang tersebut dipamerkan tentang para penemu fosil-fosil manusia purba. Setelah keluar dari ruangan, beberapa siswa membeli buah tangan berbau Museum Purbakala Sangiran, mulai dari kaos hingga pernak-pernik seperti kalung, gelang, dan masih banyak lagi.

Setelah puas melihat kehidupan prasejarah, siswa-siswi SMA N 3 Boyolali diajak masuk ke Keraton Surakarta. Banyak benda peninggalan kebudayaan dari raja yang pertama yaitu Pakubuwono I sampai Pakubuwono XI, mulai dari kereta, alat-alat peperangan, alat-alat kerumahtanggaan serta masih banyak lagi peninggalan kebudayaan Jawa di sana. Setelah keluar dari Keraton Kasunanan Surakarta, para siswa melaksanakan Sholat Dzuhur di masjid terdekat. Tak lupa para siswa juga mencicipi jajanan khas kota Solo, ada juga yang membeli buah tangan berbau kota Solo. Setelah puas melihat kekayaan peninggalan masa prasejarah sampai peninggalan kebudayaan Keraton Kasunanan Surakarta, siswa-siswi kembali ke SMA N 3 Boyolali tercinta.

Semoga kegiatan Outing Class ini berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, sehingga semakin banyak pohon yang ditanam dari SMA N 3 Boyolali, semakin banyak pula pengetahuan yang diperoleh siswa-siswinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar